Penanggulangan Pemberantasan Buta
Aksara
September ini masih ada
sekitar 6,17 juta orang dewasa di Indonesia yang buta aksara. Presentasi
terbanyak ada di Papua.
Indonesia didorong
untuk menyelesaikan pemberantasan buta aksara pada tahun 2015. Komitmen Indonesia
dinilai dunia sudah cukup pesat dalam menurunkan jumlah penyadang buta aksara.
Ada dua provinsi yang tuna aksaranya di atas 10% yakni Nusa Tenggara Barat dan
Papua. Selain itu, ada enam provinsi yang memiliki penyandang tuna aksara
5,0-9,9% dari jumlah penduduk yakni Bali, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Nusa
Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.
Sebenarnya anggaran
pendidikan formal dipandang sangat besar tetapi tidak seimbang dengan kebutuhan
masyarakat. Sebagai contoh yaitu tahun 1971 tercatat ada 25.100 tenaga pendidik
di sekolah yang komprehensif dengan perbandingan guru murid adalah 1:24. Diluar
kota kondisi pendidikan masih sangat menyedihkan. Buta akasara dan lupa aksara
merupakan masalah yang sangat gawat, lebih-lebih karena 33% dari lulusan
sekolah dasar. Apalagi dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang setiap tahun
semakin meningkat.
Dengan demikian buta
aksara merupakan salah satu persoalan dari sekian banyak persoalan yang harus
dipecahkan. Hal ini dapat diatasi dengan membuka sekolah-sekolah formal di
desa. Bukan hanya itu program yang sangat strategis adalah dengan adanya
pemasyarakatan budaya masyarakat/mendirikan taman baca masyarakat. Program ini
merupakan prioritas utama PNF karena buta aksara erat kaitannya dengan kebodohan,
keterbelakangan, kemiskinan, ketidakberdayaan. Kegitan dan program pendidikan nonformal sejak
tahun 1946 dan mempunyai tugas yang pertama untuk memberantas buta huruf.
Pemerintah perlu
menyususn strategi pendidikan yang baru serta melaksanakan program pendidikan
pendidikan non formal. Program pendidikan nonformal pertama dilaksanakan dalam
bentuk usaha pemberantasan buta aksara sebagai usaha mengatasi masalah
kebodohan bagi sebagian penduduk di daerah pedesaan. Program ini merupakan
program dasar pendidikan nonformal yang mempergunakan pendidikan formal sebagai
dasarnya.
Jadi, warga belajar
dapat memperoleh apa saja yang dipelajari oleh murid-murid Sekolah Dasar. Disini
warga belajar juga diberikan mata pelajaran matematika, pancasila, sejarah,
pendidikan kesehatan, membaca, menulis dan keterampilan-keterampilan lainnya.
Disamping itu ada pelajaran pancasila. Didalam mata pelajaran pancasila kita
tidak hanya mengetahui kelima sila tersebut tetapi kita harus mengamalkannya.
Pendidikan nonformal
dalam menjalankan programnya harus berlandaskan terhadap kelima sila tersebut
yaitu :
Ketuhanan Yang Maha Esa
Memberikan
arah kepada pendidikan luar sekolah untuk membina dan mengembangkan sikap dan
perilaku peserta didik sebagai insan indonesia yang memiliki jasmani dan rohani
yang sehat. Serta memiliki keyakinan yang kuat dalam beragama dan dapat
menerapkan nilai-nilai agama dalam sikap dan perilaku.
Kemanusiaan yang adil
dan beradab
Pendidikan
luar sekolah memiliki landasan untuk terbinanya insan indonesia yang menjunjung
tinggi nilai-nilai kemanusiaan, seperti moral, interaksi manusia. Dan melatih
kepada masyarakat khususnya anak-anak agar dapat berinteraksi dengan baik.
Persatuan indonesia
Memiliki
cinta tanah air, rela berkorban, tidak membeda-bedakan bahasa, ras, suku. Jadi
kita semua ini bangsa indonesia. Memiliki rasa bertanggungjawab terhadap
pembangunan masyarakat dan bangsa.
Kebijakan yang dipimpin
oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Memberikan
landasan untuk berorientasi pada
kebutuhan dan kepentingan masyarakat dan juga memiliki sikap demokratis.
Kebijakan yang dilakakukan itu sesuai dengan apa yang ada di masyarakat.
Keadilan sosial bagi
seluruh rakyat indonesia
Menumbuhkan dan mengembangkan berbagai kegiatan yang
berkaitan dengan aspek kehidupan. Yaitu kita harus menyediakan kebutuhan apa
yang diperlukan oleh rakyat agar mereka dapat melakukan kegiatanya dengan
lancar dang membuahkan hasil. Seperti dalam program pemberantasan buta aksara
ini kita harus memfasilitasi apa yang harus dipersiapkan dalam pembelajaran
tersebut, sehingga setiap murid dapat menikmati fasilitas tersebut.
Jadi, selain pendidikan formal pendidikan nonformal
memiliki peran yang sangat penting dalam pemberantasan buta aksara.
Pemberantasan buta aksara harus dimulai sejak dini yaitu seperti anak-anak
PAUD, tetapi apabila masyarakat yang buta aksara sudah memasuki usia dewasa
maka perlu dibentuknya program taman membaca masyarakat. Disini pendidikan non
formal hanya sebagi pelengkap dan pengganti pendidikan formal.
1 komentar:
Harrah's Philadelphia Casino & Racetrack - Joliet - KTH
Harrah's Philadelphia Casino & Racetrack is a 군산 출장마사지 race track in East Chicago, Illinois. · 정읍 출장안마 Racetrack Location · 사천 출장마사지 Nearby · Parking 경상북도 출장샵 · Contact Information 광주광역 출장샵
Posting Komentar
komentar dengan bahasa yang sopan