Blogger Widgets

all of me

buku tamu

Minggu, 04 Januari 2015

MAKALAH BENTUK, METODE DAN KONTRIBUSI PENDIDIKAN NONFORMAL




BENTUK, METODE DAN KONTRIBUSI PENDIDIKAN NONFORMAL
MAKALAH INI DISUSUN GUNA MELENGKAPI TUGAS MATA KULIAH KONSEP DASAR PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Dosen Pengampu :
Disusun Oleh :
Wiji Adiniatul Khasanah (1201414067)
Desi
Hana
Yuli
Lutfi
Arif
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
                                            FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainnya makalah yang berjudul “ Bentuk, Metode dan Kontribusi Pendidikan Nonformal “. Tak lupa shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan tauladan yang baik kepada kita semua. Makalah ini disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Perkenankanlah kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk masukan dalam karya selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini bermanfaat.

Semarang,

Penulis















DAFTAR ISI
COVER.............................................................................................................................................      .               i
KATA PENGANTAR...........................................................................................................................      .               ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................................................      .               iii
BAB I PENDAHULUAN
1.       Latar Belakang...................................................................................................................         .               1
2.       Rumuan Masalah...............................................................................................................         .               1
3.       Tujuan................................................................................................................................       .               1
4.       Manfaat..............................................................................................................................       .               1
BAB III PEMBAHASAN
A.      Bentuk Pendidikan Nonformal...........................................................................................         .               2
B.     Metode Belajar dan Pembelajaran dalam Program Pendidikan Nonformal............ . 3
C.     Keuntungan............................................................................................................. . 4-5
BAB IV PENUTUP
A.      Kesimpulan......................................................................................................................           .               6
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................................       .               7













BAB I
PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang
Program-program pendidikan dapat diselenggarakan oleh pemerintah, masyarakat maupun oleh pihak swasta perseorangan, baik dalam bentuk kursus maupun kegiatan lain. Bentuk dan program pendidikan nonformal akan mengalami perubahan setiap saat tergantung pada proses perubahan yang terjadi di masyarakat.
Metode pembelajaran yang diajarkan di pendidikan nonformal berbeda dengan pendidikan formal. Dalam pendidikan nonformal metode pendidikan yang dipakai yaitu lebih banyak memberikan kebebasan kepada peserta didik/warga belajar untuk bisa mengembangkan minat dan bakatnya agar dapat segera dimanfaatkan.
Program pendidikan nonformal yang dibutuhkan masyarakat terutama dalam era globalisasi seperti ini, macamnya selalu berubah, berkembang dan maju, sehingga tuntutan keperluannya selalu berbeda-beda.
Dengan demikian dilihat dari waktunya pendidikan nonformal masa belajarnya sangat yaitu waktu yang diperlukan untuk menguasai pengetahuan/keterampilan tidak terlalu lama.
2.    Rumusan Masalah
1)      Apa saja bentuk Pendidikan Nonformal ?
2)      Metode belajar dan pembelajaran seperti apa yang ada di Pendidikan Nonformal ?
3)      Keuntungan apa yang diperoleh dalam Pendidikan Nonformal ?
3.    Tujuan
1)      Menjelaskan bentuk-bentuk Pendidikan Nonformal
2)      Menjelaskan metode pembelajaran yang dipakai dalam program Pendidikan Nonformal
3)      Menjelaskan keuntungan yang diperoleh didalam Pendidikan Nonformal
4.    Manfaat
Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dalam memenuhi kebutuhan pendidikannya. Selain itu apabila masyarakat tidak terpenuhi dalam pendidikan formal maka dapat melakukan pendidikan di dalam pendidikan nonformal. Oleh karena itu pendidikan nonformal harus dimengerti oleh masyarakat.










BAB II
PEMBAHASAN
A.  Bentuk Pendidikan Nonformal
Istilah-istilah yang dipersamakan dengan pendidikan nonformal yaitu :
1.    Community Development : usaha dan kegiatan pembangunan masyarakat yang dipelopori oleh masyarakat setempat untuk memecahkan masalah-masalah lokal yang dihadapinya, termasuk masalah kependidikan, dengan mempergunakan kekuatan sendiri.
2.    Learning Society
3.    Deschooling Society
4.    Mass Education
5.    Fundamental Education
6.    Community Education
7.    Adult Education
8.    Exention Education
9.    Life Long Education
10.     Recurent Education
11.     Permanent Education
12.     Indigenous Education
Dalam operasional penyelenggaraanya, pendidikan nonformal ada 4 macam bentuk :
1.      Belajar sendiri
2.      Belajar dalam kelompok
3.      Belajar melalui kursus-kursus dan pelatihan
4.      Belajar melalui cara magang
Program pendidikan nonformal selalu bersangkutan dengan 4 macam kegiatan yaitu :
1.      Berupa pemberian pendidikan dasar
2.      Berupa pendidikan
3.      Berupa pendidikan sikap mental
4.      Berupa pendidikan dan pemberian pelatihan keterampilan
Di dalam masyarakat dijumpai adanya berbagai macam bentuk program pendidikan nonformal yaitu :
1.      Program pendidikan pertanian
2.      Program pendidika dan keterampilan
3.      Program pendidikan dan mekanisasi
4.      Program pendidikan pertukangan
5.      Program pendidikan potong-memotong pakaian dan menjahit, memotong rambut, merias temanten dan kecantikan, pendidikan mengemudi mobil, pendidikan bahasa, dll.
6.      Program pendidikan mengetik, administrasi dan pembukuan, bank dan perkreditan, pendidikan komputer, pendidikan seni beladiri serta cabang-cabang olahraga lain, pendidikan musik dan seni tari, pendidikan kepariwisataan, dll
Bentuk dan sekaligus program pendidikan nonformal itu selanjutnya akan berubah-ubah setiap saat, tergantung pada proses perubahan yang terjadi di dalam masyarakat yang sedang berkembang.
B.  Metode Belajar dan Pembelajaran dalam Program Pendidikan Nonformal
Menurut Martha M. Leopoldt ada 45 metode pendidikan nonformal yaitu :
1.      Merangkum buku
2.      Curah pendapat
3.      Kelompok buzz
4.      Studi kasus
5.      Mimbar reaksi berantai
6.      Sambutan melingkar
7.      Menganjukan pertanyaan
8.      Rembuk sejoli
9.      Forum debat
10.  Demonstrasi kelompok kerja
11.  Pembahasan mendalam kitab suci
12.  Panel yang mengembang
13.  Field trip
14.  Diskusi dengan mempergunakan film
15.  Obrolan serambi seni
16.  Karangan kelompok
17.  Diskusi kelompok
18.  Lukisan kelompok
19.  Team sambutan kelompok
20.  Penelaahan induktif
21.  Forum wawancara
22.  Ceramah
23.  Forum ceramah
24.  Team pendengar
25.  Forum musik
26.  Panel
27.  Forum panel
28.  Langen suara
29.  Forum tanya jawab
30.  Tanya jawab
31.  Panel beraksi
32.  Penelitian dan laporan
33.  Bermain peranan
34.  Ceramah saringan
35.  Seminar
36.  Forum khotbah
37.  Simposium
38.  Dialog dalam simposium
39.  Forum simposium
40.  Kelompok-kelompok kerja
41.  Lokakarnya
42.  Potret diri
43.  Diskusi mengembang
44.  Keputusan juri
45.  Permainan simulasi/simulation games
Untuk menggenapkan menjadi 50 metode, maka ditambahkan 5 metode lain yaitu :
1.      Metode penugasan
2.      Sandiwara/pertunjukan
3.      Menyampaikan barita secara berantai
4.      Pameran
5.      Membuat flexifan, comic-strips, leaflet, clipping dan model-model yang lain.
Dengan mempergunakan metode-metode tersebut, termasuk usaha pengembangannya, program pendidikan nonformal pada saat in isedang berusaha mendekati masalah-masalah baru yang tumbuh dan berkembang yang selalu bermunculan di dalam masyarakat.
C.  Keuntungan
Seirama dengan lajunya proses perkembangan dan kemajuan masyarakat, maka dalam menyusun program pendidikan nonformal harus diperhitungan dari segi produktivitas, akuntabilitas, evektifitas serta efisiensi dan keuntungan yang bisa dicapai. Demi terwujudnya maksud ini maka dalm menyusun program pendidika nonformal harus memperhatika ketentuan-ketentuan seperti ini :
1.      Apa yang menjadi tujuan dari kegiatan tersebut
2.      Kapan waktu penyelenggaraan kegiatan itu harus dilaksanakan
3.      Bagaimana bentuk dan ,macam programnya
4.      Apa yang menjadi isi program kegiatan itu
5.      Bagaimana proses belajar dan pembelajaran yang akan dikembangkan.
Dilihat dari maksud dan tujuannya, program pendidika nonformal lebih mengutamakan pemberian pendidika keterampilan yang bersifat fungsional, sesuai kebutuhan masyarakat.
Dilihat dari waktunya, program pendidika nonformal harus mengambil masa belajar yang singkat dalam arti waktu yang diperlukan untuk menguasai suatu pengetahuan/keterampilan tersebut tidak terlalu lama.
Dilihat dari programnya, pendidikan nonformal harus punya gaya lebih banyak berorientasi kepada jenis pemenuhan kebutuhan yang bersifat khusus, namun dengan program yang lebih terpadu.
Dilihat dari isinya, program pendidikan nonformal lebih membatasi materi pendidikannya tidak pada segi teoritis konseptual yang mengawang-awang, tetapi justru pada segi yang lebih bersifat praktis-pragmatis daripada oleh sumber belejarnya.
Dilihat dari proses penyelenggaraanya, program pendidikan nonformal tidak terlalu memperhatikan kualifikasi peserta didik/warga belajar , karena programnya justru diperuntukan bagi mereka yang kurang memiliki kualifikasi.






















BAB IV
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Bentuk, metode pembelajaran dalam program pendidikan nonformal setiap saat memiliki perubahan karena menyesuaikan dengan perkembangan di masyarakat. Pendidikan nonformal juga memiliki berbagai keuntuhan dilihat dari maksud dan tujuan, waktu, program, isi,dan proses penyelenggaraanya.




































DAFTAR PUSTAKA




1 komentar:

How to register for emperor casino - Shootercasino
Is online casino for real money safe? · Registration – Most important step is to have the bonus code 제왕 카지노 사고 PLAYBONUS. · Once you have your

Posting Komentar

komentar dengan bahasa yang sopan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More